Rabu, 11 Mei 2011

TEKNOLOGI ATM BERSAMA

TEKNOLOGI ATM BERSAMA


Dalam dunia perbankan tidak asing lagi kita mendengar istilah ATM(kartu ATM),merupakan bentuk peningkatan teknologi perbankan yang tujuanya untuk meningkatkan mutu pelayanan terhadap pelanggan dalam hal ini adalah para nasabah bank.Cara pembuatanya sangat mudah,kita bisa melaukanya dengan mendatangi sebuah bank yang tentunya kita sudah mempunyai nomor rekening yang sudah terdaftar,dimulai dengan mengisi form aplikasi dari bank,masukan data pribasi dengan lengkap sesaui yang di tentukan kemudian diserahkan ke teller untuk proses pendaftaran kartu ATM.

ATM hanya bisa digunakan untuk satu bank saja,sedangkan ATM bersama bisa dipgunakan untuk beberapa bank yang sudah bekerjasama dalam meningkatakan mutu pelayanan kepada masyarakat terutama nasabah bank.ATM Bersama memungkinkan nasabah berbagai bank berbeda untuk melakukan transaksi di ATM milik bank lain pengguna ATM Bersama. ATM Bersama yang dikelola oleh penyedia jasa tertentu, ini terbukti memberikan berbagai kemudahan bagi bank penggunanya.

Teknologi ini telah ada sejak tahun 1989 namun baru benar-benar berkembang sejak terjadinya krisis moneter di tahun 1997.Pada Awalnya bank-bank tidak mau bergabung karena mereka yakin sanggup menyediakan sendiri tanpa harus bekerjasama dengan bank lain. Namun, ketika terjadi gejolak krisis ekonomi yang menyebablan meningkatnya nilai dollar sehingga mempengaruhi kemampuan bank untuk memmbeli mesin ATM yang baru,hal ini yang mendorong bank-bank bekerjasama memanfaatkan ATM bersama.

Perkembangan Teknologi Informasi (IT) mempunyai peranan yang sangat penting dalam tekknologi ATM Bersama ini. Teknologi ini sangat rumit, karena penyedia layanan harus mengatur transaksi antara bank-bank diseluruh Indonesian yang jumlahnya puluhan bank pengguna ATM Bersama. Yaitu harus melakukan kliring antar bank yang melakukan transaksi dengan fasilitas ATM bersama.


Kemudahan teknologi ATM bersama sangat dirasakan oleh nasabah,tanpa harus mencari mesin ATM yang dimiliki oleh suatu bank tertentu,bisa kita lakukan transaksi pada mesin ATM bersama yang banyak kita jumpai diberbagi tempat diseluruh Indonesia meskipun jumlahnya tidak sebanyak mesin ATM biasa,namun sangat mengena sasaran peningkatan pelayanan meskipun perkembangan teknologi tidak berhenti sampai disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar