Minggu, 15 Mei 2011

KEGIATAN BANK UMU

Kegiatan-kegiatan bank umum diantaranya sebagai berikut :

1.Funding(Menghimpun Dana)

Kegiatan menghimpun dana dari masayrakat dengan cara membeli dana dari masyarakat. Kegiatan ini yang disebut dengan kegiatan funding. Kegiatan membeli dana dapat dilakukan dengan cara memberikan penawaran-menawarkan berbagai jenis simpanan.Jenis simpanan yang diberikan dari bank umum adalah:

  • Simpanan Giro,merupakan simpanan pada bank yang penarik­annya dapat dilakukan dengan menggunakan cek atau bilyet giro. bagi setiap pemegang rekening giro akan diberikan bunga yang dikenal dengan nama jasa giro. Besarnya jasa giro sesuai dari bank yang bersangkutan. Rekening giro biasa digunakan oleh para pengusaha, baik untuk perorangan maupun perusahaannya.Jasa giro merupakan dana murah ka­rena bunga yang diberikan kepada nasabah relatif lebih rendah dari bunga simpanan yang lainnya.
  • Simpanan Tabungan ,merupakan simpanan yang penarikan sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh bank. Penarikan tabungan di­lakukan menggunakan buku tabungan, slip penarikan, kuitansi atau kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).
  • Simpanan Deposito,merupakan simpanan yang memiliki jangka wak­tu tertentu (jatuh tempo). Penarikannyapun dilakukan sesuai jangka waktu tersebut. Namun saat ini sudah ada bank yang memberikan fasilitas deposito yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat

2. Lending(Menyalurkan Dana)

Merupakan kegiatan menjual dana yang ber­hasil dihimpun dari masyarakat. Kegiatan ini disebut dengan Lending. Penyaluran dana ini dilakukan oleh bank dila­kukan melalui pemberian pinjaman kepada masyarakat yang lebih dikenal dengan nama kredit.

Jenis-jenis kredit yang diberikan sebagai berikut:

Ø Kredit Investasi

Ø Kedit Modal Kerja

Ø Kredit Perdagangan

Ø Kredit Produktif

Ø Kredit Konsumtif

Ø Kredit Profesi

3.Service( Memberikan jasa- jasa Lainnya)

Beberapa pelayanan bank lainnya adalah jasa bank yang merupakan kegiatan penunjang untuk mendukung kelancaran kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana. Sekalipun sebagai kegiatan penunjang, kegiatan ini sangat banyak memberikan keuntungan bagi bank dan nasabah.

Jasa-jasa bank yang diberikan antara lain :

o Kiriman Uang

o Kliiring

o Inkaso

o Safe Deposit Box

o Bank Card

o Bank Notes

o Bank Garansi

o Bank Draft

o Letter of Credit

o Cek Wisata

o Menerima setoran-setoran.

o Melayani pembayaran-pembayaran

o Bermain di dalam pasar moda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar