Rabu, 11 Mei 2011

DAMPAK PENERAPAN TEKNOLOGI KOMPUTER PADA BANK

Dengan semakin kompleknya dunia perbankan dalam mendukung berkembangnya bidang bisnis bagi masyarakat perseorangan maupun perusahaan,maka peralatan untuk mengolah data yang masih konvensional dirasakan sudah tidak mampu lagi untuk memenuhi kebutuhan bidang bisnis dalam menghadapi era globalisasi dan perkembangan bisnis.Perkembangan dalam bidang bisnis saat ini tidak dapat dipisahkan dari peranan teknologi informasi.Demikian juga halnya yang terjadi dalam perkembangan di industri Telekomunikasi, peran teknologi informasi sangatlah dominan dalam menjalankan bisnis untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan.

Peranan teknologi informasi dalam dunia perbankan sangatlah mutlak, yang mana kemajuan suatu sistem perbankan sudah pasti didukung dengan teknologi informasi. Semakin berkembang dan kompleksnya fasilitas yang diterapkan dalam perbankan untukmeningkatkan dan memudahkan pelayanan, berarti semakin banyak dan beragam dan kompleks teknologi yang harus dimiliki oleh suatu bank. Dalam setiap bidang termasuk perbankan penerapan teknologi bertujuan selain untuk memudahkan operasional internal perusahaan, juga bertujuan untuk semakin memudahkan pelayanan terhadap konsumen. Apalagi untuk saat ini, khususnya dalam dunia perbankan hampir semua produk yang ditawarkan kepada konsumen hampir sama, memungkinkan adanya persaingan terjadi dalam dunia perbankan adalah untuk mampu memberikan produk pelayanan yang mudah dan cepat.

Kendala yang dihadapi oleh dunia perbankan adalah kompleks dan mahalnya piranti teknologi informasi, sebagian besar piranti teknologi ini masih didatangkan oleh vendor-vendor luar dari negeri. Tidak menutup kemungkinan seperti yang kita lihat sekarang, banyak vendor – vendor dari Indonesia yang berani bersaing dalam menyajikan teknologi informasi ini. Untuk mendukung kreatifitas anak negeri seyogyanya kita memakai vendor-vendor dalam negeri untuk menanamkan teknologi informasi tersebut dalam dunia perbankan. Hal ini manjadi tuntutan bagi perbankan karena mau tidak mau suatu korporasi yang mempunyai ruang lingkup kerja yang luas ditambah dengan operasional-operasional yang sangat banyak harus ditunjang dengan suatu teknologi untuk memudahkan, mengefisienkan dan mengefektifkan kinerja tersebut. Apalagi dalam dunia perbankan dibutuhkan suatu informasi yang terkini bagi pihak manajemen menengah ke atas untuk memprediksikan langkah bisnis yang akan diambil sehingga berbagai kendala yang mungkin muncul dapat teratasi.

Pemanfaatan Teknologi Komputer:


  • Di bidang perbankan, banyak institusi perbankan memanfaatkan teknologi internet untuk untuk menigkatkan kemudahan dalam pelayanan kepada para nasabahnya dalam bertransaksi sehingga kepercayaan kepada bank semakin meningkat dan secara tidak langsung tingkat kesehatan bank bisa berdampak jadi meningkat
  • Di bidang hiburan, ajang kompetisi bakat yang disiarakan di TV melakukan penilaian kontestan melalui polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service) seperti dalam acara kontes penyayi terbaik,penari terbaik,band terbaik dan lainya.Juga bagi Artis dalam menjalin hubungan dengan para fans atau penggemarnya melalui website.
  • Di bidang Kesehatan, pemanfaatan teknologi misalkan dibidang jasa pelayanan kesehatan, institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara cepat dan terpadu kepada pasiennya misalkan integrasi rekam medik dengan semua poliklinik yang ada di rumah sakit.


Pengembangan peningkatan layanan perbankan saat ini sudah tidak mungkin, penambahan produk baru juga tidak akan beranjak jauh dari inovasi sekitar mobile-banking dan ekstensifikasi layanan private banking, yang semula diarahkan ke nasabah-nasabah kelas menengah ke atas saja. Layanan financial planning yang semula sangat terbatas, kini semakin marak dan dimungkinkan dengan terbukanya peluang untuk memadukan produk-produk asuransi, pasar-modal dan dana-pensiun ke dalam layanan perbankan.Layanan teknologi yang diperlukan sifatnya menjadi sangat individual dan tergantung pada kebutuhan masing-masing nasabah. Yang terpenting saat ini adalah bahwa perkembangan saat ini menunjukkan bahwa layanan jasa-keuangan sedang bergerak ke arah konvergensi di antara keempat jenis produk tersebut. Untuk itu maka perlu adanya penambahan di bidang perbangkan untuk menajukan di sekitar mobile-banking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar